Rabu, 19 April 2017

5 TIPS JITU BERSIHKAN BUNGA ES DI KULKAS



Penyebab Bunga Es (Frost) sebenarnya adalah uap air di udara yang membeku dalam freezer kulkas, fenomena ini sangat wajar terjadi apalagi pada kulkas satu pintu. Pada kulkas satu ini tidak dibekali dengan fungsi defrost layaknya kulkas dua pintu.
Kebanyakan orang cuek dengan kehadiran frost dalam kulkas dan membiarkannya menumpuk sampai menutup semua bahan makanan. Saat kinerja kulkas menurun, barulah mereka kerepotan mencari Cara membersihkan bunga es di kulkas satu pintu. Sebelum membahas ke inti masalah kita lihat beberapa fakta tentang bunga es atau frost ini!

Bahaya Bunga Es di Freezer
Jangan biarkan frost menumpuk terlalu tebal dalam freezer, karena akan menimbulkan bahaya dan dampak buruk, antara lain
  • Kita akan kesulitan mengambil es ataupun bahan makanan yang ada di dalam.
  • Kerak es akan mengambil sebagian besar kapasitas freezer sehingga bahan makanan lain tidak bisa dimasukkan.
  • Bunga es akan menutup selang selang yang bertugas mengeluarkan udara dingin di freezer, akibatnya kulkas tidak akan dingin. Bahan bahan makanan lain pun cepat busuk.
  • Sumber Kontaminasi, freezer biasanya diisi dengan daging mentah yang mengandung banyak bakteri. Bunga es yang menempel pun ditakutkan juga full bakteri.
Keempat hal di atas akan menimbulkan masalah yang lebih besar ke depannya, oleh karena itu segera bersihkan freezer secara teratur.

Cara Membersihkan Bunga Es di Kulkas
Jika anda memiliki fungsi defrost maka tinggal klik tombol tersebut dan tunggu hasilnya beberapa jam ke depan. Defrost menggunakan heater yang mencairkan frost dengan cepat. Di beberapa jenis kulkas, fungsi defrost mengeluarkan refrigerant yang panas lalu dialirkan menuju evaporator.

Bagi yang tidak memiliki defrost ikuti langkah di bawah ini:

Persiapan:
  • Handuk Bersih/ Kain bersih
  • Air Panas
  • Lap Kering
Langkah Membersihkan Bunga Es
1.      Untuk mencairkan freezer dari bunga es, anda tidak perlu mematikan arus listrik kulkas anda. Cukup mengatur termostat ke suhu terendah (mematikan pendingin). Jika kulkas anda memang kosong (tidak banyak isinya) maka lebih baik dimatikan saja biar hemat listrik. Biarkan pintu kulkas anda terbuka (jangan ditutup).
2.      Setelah dibiarkan setidaknya setengah jam maka bunga es sudah mencair sedikit. Saat ini keluarkan semua bahan makanan dalam freezer. Agak dilema juga kalau makanannya berupa daging, lebih baik simpan dalam termos es dulu sementara atau jika makanan sudah terlalu lama dan rusak maka buang saja.
3.      Celupkan handuk bersih ke dalam air panas lalu taruhlah di dalam freezer, dengan begini bunga es yang mencair pun akan ikut terserap handuk sehingga tidak menyebar kemana mana.
4.      Setelah lima menit/ handuk mulai dingin, ambil lalu bilas. Masukkan kembali ke dalam air hangat lalu gosokkan ke dinding freezer. Ulangi beberapa kali sampai semua frost mencair.
5.      Langkah terakhir membersihkan frost di freezer, gunakan lap kering untuk membersihkan sela sela freezer dari air kotor yang tersisa. Lebih baik lagi jika anda juga mengelap semua bagian kulkas yang kotor.
Jika freezer anda berbau tidak enak, gunakan campuran soda kue dan air saat langkah terakhir. Soda kue sangat terpercaya sebagai bahan pembasmi bau tidak sedap dan aman bagi kesehatan manusia.
Jangan menggunakan barang tajam lainnya untuk mencongkel bunga es, lebih baik menunggunya mencair. Jika lapisan bernama evaporator dalam freezer rusak maka suhu dalam kulkas tidak bisa dingin. Hal ini dikarenakan gas refrigerant akan terbuang sia sia tanpa menghasilkan udara dingin.
Penyebab Bunga Es dan Cara Mencegahnya
Agar bunga es tidak menumpuk di dalam freezer, anda perlu membersihkannya secara teratur (+- seminggu sekali). Ikuti juga beberapa langkah pencegahan dari penyebab terjadinya bunga es di bawah ini.
  • Banyaknya bahan makanan yang mengandung uap air
    Solusinya adalah selalu membungkus makanan yang anda masukkan ke dalam kulkas dengan plastik.
  • Sering memasukkan makanan panas. Makanan panas mengeluarkan lebih banyak uap yang merupakan sumber frost.
  • Terlalu sering membuka pintu. Dengan seringnya udara luar masuk maka uap air pun ikut masuk yang nantinya bisa menjadi bunga es.
  • Thermostat terlalu dingin. Pengaturan suhu yang sangat dingin merupakan salah satu penyebab kerak es, lebih baik mengatur thermostat sesuai kebutuhan saja
Selamat Mencoba dan Selalu Stay di Chingu Café ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar