Rabu, 19 April 2017

5 TIPS MUDAH CARA MEMILIH DAGING YANG SEGAR DAN HALAL



Daging memang hidangan yang paling enak, tapi perhatikan kualitas daging saat dibeli. Makin segar dagingnya, makin lezat masakan yang kita hasilkan. Memilih daging segar dan halal sebelum membeli bukanlah perkara mudah, terutama bagi yang masih awam terhadap ciri-ciri daging yang segar.
Selain itu banyaknya bagian-bagian daging sapi juga bisa membuat kita bingung dan kurang teliti ketika membeli daging dan malah menyebabkan makanan yang kita konsumsi menjadi tidak sehat.
Berikut merupakan tips dari My Chingu Café, supaya dapat memilih daging yang segar dan halal,berikut langkah-langkahnya :

1.      PERHATIKAN WARNA DAGING
Daging yang segar dan berkualitas tentu berbeda dengan daging yang sudah busuk. Cara paling mudah untuk mengetahui kualitas daging adalah dari warnanya. Daging sapi yang masih fresh berwarna merah dan segar. Selain itu warna daging juga tidak pucat dan tidak kotor. Jika daging kebiru-biruan itu berasal dari sapi yang sudah mati.
2.      MEMPERHATIKAN TEKSTUR DAGING
Pada saat membeli daging perhatikan juga teksturnya, daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Cara mengetahui tekstur daging yaitu dengan menekan sedikit daging tersebut, jika kembali ke posisi semula berarti daging tersebut masih baru dan segar. Tetapi jika terasa lembek pada saat ditekan itu menandakan bahwa daging tersebut busuk.
3.      PERHATIKAN BAU/AROMA DAGING
Daging yang segar memiliki aroma yang segar pula atau dengan kata lain memiliki bau khas “sapi”. Sementara itu daging yang busuk akan menimbulkan bau busuk atau asam yang sangat menyengat.
4.      TIDAK BERAIR
Jika Anda membeli daging mungkin Anda sering melihat cairan berwarna merah mirip darah. Cairan itu bukanlah darah melainkan “sari” dari daging tersebut. Daging yang berair biasanya daging berasal dari sapi glonggongan.
5.      CEK SERTIFIKAT HALAL
Supplier atau penjual daging yang halal dan profesional tentu mempunyai izin halal dari pihak MUI. Pastikan Anda membeli daging dari penjual / supplier daging yang mempunyai izin halal. Cobalah untuk membeli daging yang tidak berair, karena jika berarir maka daging tersebut sudah berada cukup lama berada di udara bebas.
Sekian tips dari My Chingu Café, semoga bermanfaat ya… tunggu tips special lainnya.* Gomawoyo uri chingu (terimakasih temanku)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar